Home > Jaringan, Winsock > Belajar Winsock bagian 4 – Membuat jaringan VPN sendiri

Belajar Winsock bagian 4 – Membuat jaringan VPN sendiri

February 2, 2010

Pada artikel kali ini kita stop dulu untuk mengetikan baris-baris kode yang indah itu😀 dan kita akan mencoba untuk membuat jaringan VPN sendiri yang tentunya dengan investasi yang murah meriah😀 dan nyaris dengan biaya 0 rupiah. G percaya ? Oke kita ikuti saja pembahasan berikut.

Misalkan kita punya klien sebutnya saja namanya mas Paijo yang sudah menggunakan program retail kita selama beberapa tahun. Mas Paijo ini sering berbelanja untuk keperluan tokonya ke luar kota dan masalah yang dihadapinya adalah kesulitan untuk mengecek jumlah stok barang di toko (selama ini untuk menanyakan jumlah stok masih telp2xan :D), dan baru-baru ini mas Paijo menghubungi kita untuk minta dibuatkan program kecil yang hanya sekedar untuk mengecek stok barang.

Hasil akhir pembicaraan disepakati perangkat jaringan yang akan digunakan adalah sebagai berikut :

  1. Komputer server untuk akses internetnya cukup menggunakan speedy dan hanya mendapatkan ip private.
  2. Laptop mas Paijo rencananya menggunakan modem CDMA (bisa starone atau lainnya) kita anggap saja menggunakan starone.

Beberapa solusi yang bisa kita tawarkan adalah sebagai berikut :

  1. Menggunakan program remote seperti Teamviewer atau CrossLoop. Loh kok enggak pake program remote seperti Radmin, Net Support Manager, atau RealVNC ? Ya jelas enggak bisa, karena komputer servernya hanya mendapatkan ip private kecuali kalo kita mau direportkan dengan menyeting portforwardingnya.
  2. Membuat program sendiri dengan menggunakan komponen Winsock, nah kalo ini cocox karena memang itu intinya dibuat artikel ke 4 ini😀

Oke sampai disini kita sudah menentukan pilihan tetapi masalah baru muncul jangankan untuk mengakses data di komputer toko mau ngePING aja selalu Request timed out.

Tapi jangan kuatir setiap masalah selalu ada penyelesaiannya dan penyelesaian yang paling sederhana untuk kasus kita kali ini adalah membuat jaringan VPN sendiri dengan bantuan LogMeIn Hamachi.

Berikut adalah langkah-langkah mulai dari pendaftaran, konfigurasi dan tentu saja sampai ngPINGnya berhasil😀

1. Mendaftar dulu disini

2. Setelah proses mendaftar selesai kita lanjutkan dengan membuat jaringan

3. Langkah berikutnya adalah mendownload LogMeIn Hamachi Installer

Sambil menungu proses download selesai kita bisa logout dulu dari situs LogMeIn Hamachi.

4. Setelah download selesai copykan file installer tadi ke laptop mas Paijo dan lakukan instalasi, setelah itu jalankan program LogMeIn Hamachi

5. Selanjutkan kita akan mengganti informasi nama komputer dengan cara klik menu System -> Preferences …

6. Bergabung dengan Jaringan Tokonya Mas Paijo dengan mengklik menu Network -> Join an existing network … atau cukup dengan mengklik tombol Join an existing network …

Setelah itu kita diminta untuk memasukkan Network ID dan Password

jika berhasil akan kita dapatkan tampilan lebih kurang seperti berikut :

7. Ulangi langkah 4 sampai 6 di komputer server

8. Setelah instalasi + konfigurasi di komputer server selesai, coba kita cek masing-masing program LogMeIn Hamachi maka kita akan mendapatkan tampilan seperti berikut :

9. Biar semakin manteb kita login ulang kesini dan jika kita mendapatkan tampilannya seperti berikut berarti langkah-langkah sebelumnya sudah 100% berhasil🙂

dan otomatis kita juga bisa langsung menggunakan program-program remote seperti Radmin, Net Support Manager, atau RealVNC karena kita sudah mendapatkan IP Publik sendiri

10. Terakhir kita akan mencoba ngePING komputer server

Jika hasil ping masih Request timed out coba nonaktifkan windows firewall di komputer server kemudian coba di ping lagi.

Oke sampai disini kita sudah berhasil membuat jaringan VPN sendiri dan memudahkan saya untuk menulis artikel terakhir yang insya Alloh dengan judul Belajar Winsock bagian akhir – Contoh kasus mengakses data stok barang dari luar.

Selamat mencoba🙂

  1. backboand1
    February 3, 2010 at 6:28 am

    waww
    artikelnya mantap
    izin copy mas

  2. February 3, 2010 at 7:10 am

    backboand1 :

    waww
    artikelnya mantap
    izin copy mas

    Yaph🙂

  3. Black Boy
    March 27, 2010 at 5:52 pm

    Berarti garis besarnya Soft. Hamachi itu untuk menghubungkan PC yang tidak mempunyai IP Public ya mas (alias hanya mempunyai IP Private/ga bisa terhubung langsung ke internet)?

    Nah, kalo Server pake IP Public sedangkan Client pake IP Private, apa bisa konek tanpa menggunakan hamachi/sejenisnya? Apa harus kedua2nya (Server & Client) mempunyai IP Public?

    Thanks atas ilmunya…🙂

  4. Black Boy
    March 27, 2010 at 6:13 pm

    Oh iy ada yang ketinggalan.

    Ada ga komponen/source code yang berfungsi seperti Hamachi tsbt? (Maksudnya untuk mempersimpel aja, jadi program pihak ke-3 nya ga kelihatan). Kalo ada, tolong dibahas lagi ya mas? Kalo ga ada, tolong dicariin ya mas solusinya. he… (ngarep)

    Thanks sebelumnya…

  5. March 29, 2010 at 1:49 am

    Black Boy :

    Berarti garis besarnya Soft. Hamachi itu untuk menghubungkan PC yang tidak mempunyai IP Public ya mas (alias hanya mempunyai IP Private/ga bisa terhubung langsung ke internet)?

    Nah, kalo Server pake IP Public sedangkan Client pake IP Private, apa bisa konek tanpa menggunakan hamachi/sejenisnya? Apa harus kedua2nya (Server & Client) mempunyai IP Public?

    Thanks atas ilmunya… :)

    Enggak juga sih mas klo ipnya private tetapi bisa akses internet tetap bisa kok pake Hamachi.

  6. March 29, 2010 at 1:54 am

    Black Boy :

    Oh iy ada yang ketinggalan.

    Ada ga komponen/source code yang berfungsi seperti Hamachi tsbt? (Maksudnya untuk mempersimpel aja, jadi program pihak ke-3 nya ga kelihatan). Kalo ada, tolong dibahas lagi ya mas? Kalo ga ada, tolong dicariin ya mas solusinya. he… (ngarep)

    Thanks sebelumnya…

    Sebenarnya program hamachi klien itu enggak harus diaktifkan, itu cuma bwt konfigurasi awal aja kok atau untuk refresh koneksi jika tiba-tiba terputus.

    Dicoba aja program hamachinya ditutup trus di tes ping manual 2 komputer yang sudah terhubung seharusnya bisa.

    Untuk sourcecode sy belum ketemu, alternatif lain masnya bisa copa openVPN cuma konfigurasinya sedikit ribet, saya sendiri baru baca2x sekilas referensinya tapi belum coba.

  7. nesha
    April 1, 2010 at 6:54 pm

    maz sekalian bikin tutor cara bikin server openvpn dung supaya bisa dinikmati oleh client, artikem mas berbobot sekali buat saya,trims sebelumnya

  8. April 2, 2010 at 12:32 am

    nesha :

    maz sekalian bikin tutor cara bikin server openvpn dung supaya bisa dinikmati oleh client, artikem mas berbobot sekali buat saya,trims sebelumnya

    Sebenarnya sih pengen sy bahas, cuma sy belum punya akses internet yg punya IP Public jadi sy sedikit susah untuk ngetesnya.

    Itulah bedanya dg LogMeIn Hamachi yang enggak membutuhkan ip public yg penting bisa akses internet.

    Kecuali klo mbanya mau nyediain😀

  9. nand
    April 28, 2010 at 5:35 am

    mas mao tnya?nie q ru bc ini article..kyak na keren ini soft…mas hamachi itu bs dpake unk clien server ga?apa cm bs anatr komputer aja…

    by orng yg bru mngenal jarkom

    thk’s…jaya trusss blog indonesia

  10. April 28, 2010 at 6:58 am

    Ya jelas bisa, klien server itu kan sama konsepnya antar komputer.
    Ada komputer klien (ex. komp A) dan server (ex. komp B)😀

  11. May 7, 2010 at 7:55 am

    ini artikel bgs gan . mudah dan gampang dipahami .. nice job gan !! thanks

  12. May 7, 2010 at 8:35 am

    rudeeku :

    ini artikel bgs gan . mudah dan gampang dipahami .. nice job gan !! thanks

    oke gan sama2x🙂

  13. June 30, 2010 at 11:51 am

    Seri tutorial Winsock ini keren abis… patut dipelajari dan dijadikan acuan, bahkan wajib diarsip oleh kita2 yang ngaku programmer. Thank a lot.

    • July 1, 2010 at 1:25 am

      sama2x mas🙂

  14. praYoga
    July 6, 2010 at 6:31 am

    mas bisa gak kira2 kita menggabungkan VPN ini kedalam aplikasi buatan kita misalnya VB…..
    Contonya: apabila kita punya aplikasi koperasi untuk bisa mengetahui stok barang lain kita hanya tinggal mengklik tombol yang sudah kita buat di aplikasi VB kita tadi…lalu keluarlah data2 stok barang dari koperasi lain masih di satu aplikasi koperasi kita tadi….
    bisa gak ya mas???

    • July 6, 2010 at 7:13 am

      Jawabanya bisa😀, yg jelas VPN enggak ada hubungannya dengan aplikasi yg kita buat mas, VPN ini kan hubungannya dg jaringan.

      VPN adalah suatu jaringan privat (biasanya untuk instansi atau kelompok tertentu) di dalam jaringan internet (publik), dimana jaringan privat ini seolah-olah sedang mengakses jaringan lokalnya tapi menggunakan jaringan public(internet).

      Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/VPN

      Jadi otomatis aplikasi kita seakan-akan mengakses jaringan lokal.

      Nah mengapa diartikel ini saya menggunakan winsock karena akses langsung ke database sangat lambat, jauh lebih cepat menggunakan winsock.

      Intinya sih tergantungan VPN nya, namanya juga membangun jaringan VPN dg biaya 0 rupiah😀

  15. shizuka
    August 20, 2010 at 1:40 am

    mau tanya, itu kan koneksinya lewat jaringan internet, kalo mau koneksikan program client server nya di jaringan lan gimana caranya ya??? saya sudah download program client server yang ada di artikel “belajar winsock bagian 3” dari web ini dan sekarang saya mau coba menjalankan programnya di 2 komputer (LAN). gimana tahapan untuk mengkoneksikan dan menjalankan programnya dengan 2 komputer? coz,saya butuh untuk tugas akhir saya. tolong bantuannya segera……terima kasih

    • August 20, 2010 at 2:00 am

      Caranya gampang :
      1. test ping dulu di 2 komputer yg mau dicoba klo oke lanjut poin 2
      2. running sample program server, misal dikomputer A (sampe disini enggak usah ngapa2x in :D)
      3. running sample program klien di kompuer B kemudian pada isian server isikan ip address komputer A dilanjutkan dengan mengklik tombol Connect dan otomatis tulisan tombol Connect menjadi Disconnect
      4. selanjutnya terserah mbanya😀

      Selamat mencoba🙂

  16. shizuka
    August 20, 2010 at 2:51 am

    Oke,thanks jawabannya.saya coba dulu…

  17. August 20, 2010 at 1:44 pm

    Tutorialnya Mantap boz..ijin sedot buat di share dengan sumber coding4ever.salam

    • August 21, 2010 at 6:42 am

      Oke om tq

  18. antique
    August 22, 2010 at 7:25 pm

    mas, saya udah baca2 di artikel belajar winsock 3….itukan client-server…dimana client bsa konek ke server dan server bisa tau siapa saja yg konek (online)…gimana caranya yaa…biar sesama client jg tau siapa yg online…. udah saya coba modif2 dikit tuh source code tapi ga mudeng2😀 thanks mas

    • August 23, 2010 at 2:27 am

      Ini revisi dari sample artikel Belajar Winsock bagian 3 – Multiple Connection

      Untuk aplikasi server ada penambahan method sendStatusOnlineToClient yang otomatis dipanggil di event
      Winsock1_Close dan Winsock1_ConnectionRequest

      Sedangkan untuk klien revisi hanya di event Winsock1_DataArrival

      Gambar klien

      Selamat mencoba🙂

  19. Hermawan
    September 23, 2010 at 6:26 am

    saya punya SIM dikantor terus pakai sistem online tetapi clien di tempat lain pada saat akses data itu sering tidak bisa bahkan tidak respond saya pakai logmin Hamachi juga saya ping ke server itu bagus tidak request time out kenapaya???? tolong dong solusinya

  20. September 23, 2010 at 7:41 am

    SIMnya ngakses database apa mas? Mungkin aja portnya keblok atw coba matikan dulu windows firewall di server.

    Apakah ini untuk pertama kalinya SIMnya dicoba online antar cabang ?

  21. November 16, 2010 at 8:25 am

    Mas saya mau tanya.. klo misal saya mempunyai 2 koneksi internet, misal komputer A memakai koneksi ADSL, kemudia Komputer B memakai Koneksi CDMA yg berbasis EVDO. jika Komputer B ingin mengakses koneksi komputer A itu bagaimana mas ? saya sudah coba VPN dgn menggunakan Hamachi. tp untuk menshare Koneksi komputer A ke komputer B ga bisa..mohon pencerahan nya….

    Blog ini sangat membantu mas…
    terima kasih

    • November 18, 2010 at 1:49 am

      Klo masalah koneksi internet tu enggak masalah om, mau pake apapun juga.
      Mungkin ada yg kurang di konfigurasi hamachinya, apakah sudah nyampe sini klo iya berarti konfigurasinya udah oke, trus coba lakukan ping klo responnya “Request timed out” coba matikan windows firewall komputer yg diping, trus ulangi lagi.

      Selamat mencoba🙂

  22. juunsuuuaaaahh
    December 21, 2010 at 1:43 pm

    makasih mas, tutorial nya sangat membantu saya

    eh mau nanya nih mas, apa bisa jika ke dua2, komputer server dan laptopnya si paijo sama2 pake modem cdma

    • December 22, 2010 at 1:13 am

      bisa, yg penting konek internet om

  23. dhimus
    January 14, 2011 at 3:01 pm

    mas mu nanya’ sory nih masih newbie’ klo kita pake sim gsm bisa gx’ seumpama kartnya yg di bintangi sule”
    thnks

    • January 15, 2011 at 2:15 am

      Bisa om

  24. angga
    January 15, 2011 at 3:49 am

    gan mau tanya nih, masih agax bingung, berarti kita bisa browsing lewat sim, dan sim tersebut ngambil kuota inernet dari server yg pake speedy’ gitu gx kira-kira?
    hee..

    • January 15, 2011 at 4:07 am

      waduh sy jd ikut2xan bingung juga😀, ini arah pertanyaannya masih nyambung dg artikel diatas atw enggak ya ?

  25. degagajago
    February 17, 2011 at 9:34 am

    OM mau tanya nigh…
    Bisa gak Misalnya Komp A= make speedy
    Komp B= make Koneksi GSM menggunakan Kartu Tel***sel
    dan kedua komputer tersebut saling berhubungan menggunakan hamachi
    si komp A jadi Serverna,,,
    Dan Komp B. konek hamachi ke Server Komp A…

    Yang jadi Pertanyaannya..Apa bIsa Jaringan Komp.A yang menggunakan Speedy Di share Ke Hamachi agar Komp.B yang make koneksi GSM bisa merasakan Koneksi Speedy Komp.A???
    mohon maaf pertanyaannya..rada oot..heheh maklum newby..

    • February 18, 2011 at 1:46 am

      Setau sy enggak bisa om, mungkin om bisa tanya k om2x lain yg lebih ahli di bidang jaringan😀

  26. sulis
    March 9, 2011 at 12:47 am

    di copy ya gan…makasih…

    • March 9, 2011 at 2:01 am

      ok

  27. Hanif
    March 26, 2011 at 2:00 am

    Assalamualaikum. Mas saya nanya lagi nich, kemarin yang inno setup udah OK. Saya kan bikin aplikasi untuk sekolah dan kebetulan udah jadi, dah bisa pake LAN udah OK,saya buat dengan database mysql. yang jadi permasalahan posisi sekolah ada 2 cabang (A dan B) klo hanya 1 tempat dengan LAN udah selesai masalahnya. berhubung berjauhan, ga mungkin pake LAN dengan ngulur ulur kabel yang begitu panjang bisa berkilo-kilo meter (sekitar 20km). agar terjadi jaringan client server antara cabang A dan B via internet, misal server di cabang A dan client ada yang di cabang B saya harus pake apa ya? maksud saya apa yang harus saya persiapkan?. Terimakasih.

    • March 26, 2011 at 5:30 am

      Nah makanya dicoba aja om postingan sy yg diatas gratis kok, tp klo mau yg lebih baik sih coba buat server vpn sendiri, banyak kok yg membahas masalah ini coba di googling dulu.

  28. sigit
    March 30, 2011 at 9:38 pm

    saya cb tes penggunaan ny nih mas…. sedikit agak ngarep dikit sih tpi y klo it mw berbagi lagi….

  29. March 31, 2011 at 1:15 am

    bingung mode “on”

  30. diki
    May 16, 2011 at 4:15 pm

    kalo cara untuk membuka koneksi vpn yang udah di set am server hanya untuk buka satu web.misalnya kita hanya bisa buka http://www.coding4ever.com. kita gak bisa akses website yang laen..itu gmn mas??thnk’s b4

    • May 17, 2011 at 6:23 am

      Dulu sy belum tau caranya, klo skrg udah lupa om😀
      Coba nanya2x kesini

  31. June 9, 2011 at 2:33 pm

    askum..permisi mas bro numpang nongol

    aku pake vb6 ma sql server 2000 mw koneksi data base antar kota….pake artikel di atas bisa kah???
    databasenya ada di kota A trus aq di kota B mw koneksi dengan komp server di kota A pake sql server 2000.tu cara ngeregestrinya di sql clientnya kayak gmn?? makasihh bro…tulung di jawab……….(from newbie amatiran)

    • June 10, 2011 at 1:55 am

      Iya om klo artikel diatas udah berhasil om coba, database antar kotanya bisa om akses langsung

  32. abushofi
    August 3, 2011 at 2:19 am

    Assalamu’alaikum akh,
    mo bikin VPN di kantor bw 512 cukup gak ya ?

    • August 4, 2011 at 6:27 am

      Pertanyaan kurang jelash akh ? 512 -> bandwith atw jumlah kliennya ?

  33. abi
    August 4, 2011 at 6:37 am

    wahh keren ni gan..,,tapi apa ini hanya bisa 2 komputer saja y yang bisa terhubung ?

    trus kalau sudah terhubung bisa g kita menjalankan aplikasi yang ada di komputer lain.a ?

    • August 4, 2011 at 6:43 am

      Klo itu temanya udah beda om, klo yg om tanyakan itu lebih ke arah aplikasi remote seperti Radmin, VNC, Net support d el el

  34. andra
    September 5, 2011 at 7:39 am

    makasi gan, kebetulan aq lagi cari-cari tentang ini, pas banget gan sesuai kebutuhan aq
    udah aq coba dan ternyata berhasil…. sekali lagi makasi gan….

    • September 5, 2011 at 7:47 am

      Oke sama2x om🙂

  35. pemula
    October 19, 2011 at 5:22 am

    mau tanya nih kk admin😀
    kalau koneksi via internet begini lebih cepat mana ya
    client langsung mengakses ke mysql server
    atau
    client request ke server melihat ke mysql dan server mengirim ke client

    terima kasih😀

  36. wahyu
    October 23, 2011 at 9:15 am

    bang…punya tutorial untuk membuat webcam server ndak. maksudnya webcam yang terpasang di komputer server bisa diakses/dibuka lewat internet atau ip lain. seperti program webcam7. itu menggunakan winsock atau tidak.
    tks

  37. yan
    December 4, 2011 at 2:46 pm

    izin sedot mas…
    artikelnya muantab..

    • December 9, 2011 at 2:51 pm

      Oke om silahkan🙂

  38. December 27, 2011 at 7:15 pm

    om,, ada artikel Remote Desktop Full Control nggak?? Kayak program radmin??Trims…

    • December 27, 2011 at 7:54 pm

      Coba disini om.

  39. February 7, 2012 at 6:51 am

    on admin, kayaknya sy ada langkah yg kelewat tadi, di menentukan jumlah client. Trus sy sempet baca di salah satu langkah (lupa) ada batasan untuk yg gratis ini maksimal 8 clients dan tidak 24jam online. Betul gak ya.

    Atau mungkin bisa dikasih tahu aja batasan-batasannya.

    • February 7, 2012 at 11:56 am

      Klo info free vs bayar bisa dicek disini om.

  40. February 17, 2012 at 1:54 pm

    Mas admin ada gak tutorial yang menggunakan VPN untuk koneksinya soalnya ada coba googling n’ jajal” gagal terus tapi klw dicoba dilokal bisa pas dicoba di jajal antar kota gak bisa….tlong ne mas ….:)

    • February 17, 2012 at 2:45 pm

      Emg databasenya pake apa om ? mungkin portnya masih ke blok.

      Yg jelas sy pernah coba menggunakan database firebird untuk koneksi antar cabang, ya seperti koneksi lokalan biasa tinggal nembak ip adress server yg ada di list hamachi klien.

      Klo databaseny mysql, kan harus dicek dulu privilege dari usernya apa boleh login secara remote.

  41. Chris
    March 26, 2012 at 5:15 pm

    kalo pakai hamachi sih sudah tau .. lalu kalau membangun VPN server sendiri gimana caranya?

    • March 26, 2012 at 6:54 pm

      Karena keterbatasan perangkat sy sendiri belum pernah mencoba, tapi OpenVPN layak untuk dicoba.

  42. Hengs
    March 31, 2012 at 5:53 pm

    klo misal dbase nya ditaruh di server linux gmn om? apakah hamachinya jg hrs diinstall di linuxnya?

    • April 2, 2012 at 12:40 pm

      Ya tergantung, klo kasusnya seperti om Chris diatas ya harus install juga

  43. edogawa
    April 24, 2012 at 10:01 am

    Mas Admin apakah Hamachi ini free license ataukah ada masa berlakunya ya atau trial aja ?

    • April 24, 2012 at 11:02 am

      Ada yg versi free dan pro om, info lengkapnya bisa cek langsung di website resminya😀

  44. herman
    April 30, 2012 at 9:53 pm

    gan tulung buatin carana monitor ip local contoh ip1 “192.168.1.1” dan ip2 “192.168.1.2” dan seterusnya sampai ip10 “192.168.1.10” dengan 10 shape bila ip1 aktif shape1 akan warna merah bila tidak aktif shape1 akan berubah warna hitam begitu juga dengan ip yang lainya jadi memonitor ip secara real time program ini seperti halnya progam the dude. tulungin gan ane udah mentok nih. rencana program ini untuk menghitung jumlah client kosong dan jumlah klient aktive trimakasih (herman_include@yahoo.com)

  45. December 4, 2012 at 9:23 am

    Thanks gan… saya sudah coba menggunakan hamachi sesuai referensi agan… dan hasilnya….. maaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaantap browwww…. aplikasi client server padang – semarang teratasi…. dari pada beli mahal2 mending pakai hamachi aja dulu sambil ngeliat kelemahan2 dan kek\urangan yg musti di tambahin…. Thanks gan… sukses selalu ya…..😀

    • December 7, 2012 at 4:13 pm

      Oke om, senang bisa membantu🙂

  46. December 12, 2012 at 12:14 am

    OM bedanya HAMACHI sama TEAMWIEVER …??? so blom pernah coba TEAMWIEVER

    • December 12, 2012 at 9:00 am

      Hamachi itu untuk membuat jaringan VPN sedangkan teamviewer berfungsi seperti remote desktop.

      • December 13, 2012 at 1:32 pm

        brarti dua duanya di paduin bisa yaa.. jaringannya pake hamachi N remote desktop nya pake teamviewer,, .. tapi pake hamachi yang versi free bisa gak..?? kok kayaknya di batesi. tipi blom saya coba lebih mendalam sih baru sekedar ngoneksikan saja

  47. December 12, 2012 at 7:17 am

    N mau nanya lagi jika 2 kompi dah konek HAMACHI dan komputer 1 diinstal mysql N mysql di akses dari komputer 2 dengan ODBC ,,bisa gak bos..??

    • December 12, 2012 at 9:01 am

      Yang jelas bisa, sy udah coba tapi menggunakan database Firebird

      • December 13, 2012 at 1:28 pm

        Makasih OM … SIIIIIIIIIIIIIIP

        • December 15, 2012 at 4:26 pm

          Yuph sama2x

  48. May 6, 2013 at 12:59 pm

    Mau tnya om.. kalo komputer Server dan Client sudah terkoneksi dgn hamaci, apa bisa kita menggunakan aplikasi remote seperti Radmin, VNC, Net support untuk remote server nya..?

    • May 6, 2013 at 1:17 pm

      Bisa om, kan masing-masing nanti dapat ip public dari hamachinya, nah ip public ini yg nantinya digunakan untuk melakukan remote

  49. July 25, 2013 at 8:00 am

    hanya terbatas 5 client om….lewat dari sana bayar om…
    kalo mau pake yg beneran gratis..jumlah client tanpa batas… pake comodo unite om..
    disini om http://www.comodo.com cari productnya comodo unite🙂

    • July 25, 2013 at 9:17 am

      Oke om tq infonya (jadi pengen nyoba ah :D)

      Iya utk versi free memang terbatas hanya sampai 5 client, tapi tetap bisa diakalin dg membuat 2 network yg saling berhubungan sehingga jumlah clientnya bisa mencapai 10 dan begitu seterusnya😀

      • Choirul Akmal
        August 27, 2013 at 9:35 pm

        maksudnya dibuat 2 network ? diserver dibuat 2 akun hamachi atau gmn ya om

        • August 28, 2013 at 9:17 am

          Iya buat 2 network, intinya 1 client bisa konek lebih dari 1 network.

          Contoh :
          Laptop sy (client A) konek ke network ABC yang sudah mempunyai 4 client (client B, C, D dan E), dan sy juga bisa konek ke network XYZ yg juga sudah terisi 4 client (client F, G, H dan I).

          Dari contoh di atas kan bisa dilihat laptop sy bisa konek lebih dari 5 client😀.

          • Choirul Akmal
            August 29, 2013 at 10:01 am

            Oh yayaa… paham, setelah dicoba baru mengerti penambahan networknya di logmein bukan di windows😀
            2 minggu berkeringat dengan port forwading terjawab dengan hamachi
            makasi banyak infonya om admin

  50. AnOn
    July 25, 2013 at 10:02 am

    om, saya udah bikin account hamachi nih, tp bingung menentukan jenis networknya.
    yang saya inginkan adalah :
    1. client tidak bisa remotedesktop ke server
    2.komunikasi hanya antara client dan server saja.

    soalnya bahaya atuh om nti client kalau bisa remote ke server, diobrak-abrik nanti.. hehehehehe..

    • July 25, 2013 at 10:28 am

      Setau saya :
      1. Fitur remote desktop bisa di nonaktifkan.
      2. Untuk menggunakan remote desktop kan membutuhkan user dan password

      Trus bahaya di mana ?

  51. AnOn
    July 25, 2013 at 2:41 pm

    oke om, saya coba dengan jenis network hub-spokes om..
    thanks infonya🙂

  52. Choirul Akmal
    August 29, 2013 at 10:05 am

    Oiya satu lagi, hamachi tidak bisa berjalan di client jika menggunakan internet gsm.
    Saya pakai paket XL hotrod3G harian dengan tethering android ke laptop, belum tau kalau paket bulanan mungkin bisa

    • September 3, 2013 at 9:54 am

      Masa’ sih ?
      Hamachi itukan enggak tergantung jenis koneksi internetnya

  53. Ireng
    September 7, 2013 at 8:17 pm

    Thanks om infonya… udah pernah coba untuk di pake di zahir accounting???

    • September 7, 2013 at 8:20 pm

      Belom om

  54. cah kalem newbee
    November 13, 2013 at 8:15 am

    om, makasih om atas ilmunya??
    saya masih sedikit bingung dengan cara koneksi winsockny secara onlain, kalau yg offline mantep om.
    mohon penjelasanya y om??😀
    ane coba yg om tanggapi komen di atas masih gagal ane om..

  1. No trackbacks yet.
Comments are closed.
%d bloggers like this: