Home > Visual Basic > Menampilkan data dalam format grafik

Menampilkan data dalam format grafik

June 9, 2010

Kali ini saya akan share bagai mana menampilkan data dalam format grafik. Visual Basic sendiri sudah punya komponen untuk menghandle masalah ini tapi untuk artikel kali ini, saya menggunakan komponen grafik dari componentone dan untuk download komponennya bisa langsung ke SINI.

Sedangkan untuk sample kasus, kita akan menampilkan data statistik penerimaan mahasiswa baru, berikut tampilannya

berikut kode untuk pengaturan grafiknya, untuk contoh disini berupa grafik bar/batang :

Private Sub settingGrafik(ByVal Grafik As Chart2D, ByVal title As String, ByVal axesYTitle As String)
    Grafik.Header.Text = title

    ' Change Footer Formatting
    Grafik.Footer.Font.Size = 9

    ' Format the Y-axis to use Currency format
    Grafik.ChartArea.Axes("Y").LabelFormat.Category = oc2dCategoryStandard

    ' Add Axes titles
    Grafik.ChartArea.Axes("Y").title = axesYTitle

    With Grafik.ChartArea
        .Bar.ClusterWidth = 60 'lebar bar grafik
        .Bar.ClusterOverlap = -100 'jarak antar bar grafik
    End With

    With Grafik.Header
        .Font.Size = 10
        .Font.Bold = True
    End With

    ' Rotate the Y-Axis 90 degrees
    Grafik.ChartArea.Axes("Y").TitleRotation = oc2dRotate90Degrees

    ' Add the legend to the chart
    Grafik.Legend.IsShowing = True
    Grafik.ChartGroups(1).ChartType = oc2dTypeBar 'jenis grafiknya diatur disini
End Sub

Selanjutnya tinggal kita tampilkan grafiknya :

Private Sub cmdPrevGrafik_Click()
    Dim numPoints   As Long
    Dim numSeries   As Long

    Dim iIndex      As Long
    Dim iThn        As Long
    Dim i           As Long
    Dim jmlMhs      As Long

    Grafik.Visible = False
    DoEvents
    With Grafik.ChartGroups(1).Data
        .numSeries = UBound(arrJurusan) + 1 'set jumlah jurusan
        .numPoints(1) = Val(cmbTahun2.Text) - Val(cmbTahun1.Text) + 1

        numPoints = 0
        iIndex = 0

        Grafik.ChartLabels.RemoveAll
        For iThn = Val(cmbTahun1.Text) To Val(cmbTahun2.Text)
            numPoints = numPoints + 1
            numSeries = 0
            For i = LBound(arrJurusan) To UBound(arrJurusan)
                jmlMhs = getJumlahMhs(iThn, arrJurusan(i))

                numSeries = numSeries + 1
                .X(1, numPoints) = numPoints
                .Y(numSeries, numPoints) = jmlMhs

                Grafik.ChartLabels.Add
                iIndex = iIndex + 1
                With Grafik.ChartLabels(iIndex)
                    .AttachMethod = oc2dAttachDataIndex

                    .AttachDataIndex.Series = numSeries
                    .AttachDataIndex.Point = numPoints
                    .Text = jmlMhs

                End With
            Next i
        Next iThn
    End With

    With Grafik.ChartGroups(1).SeriesLabels
        .RemoveAll

        Grafik.Legend.Text = "Jurusan"
        For i = LBound(arrJurusan) To UBound(arrJurusan)
            .Add arrJurusan(i)
        Next
    End With

    With Grafik.ChartGroups(1).PointLabels
        'untuk menampilkan tahun
        Grafik.ChartArea.Axes("X").AnnotationMethod = oc2dAnnotatePointLabels
        .RemoveAll
        For i = Val(cmbTahun1.Text) To Val(cmbTahun2.Text)
            .Add i
        Next

        Grafik.ChartArea.Axes("X").title = "T a h u n"
    End With

    Grafik.Visible = True
End Sub

Selamat MENCOBA🙂

  1. June 18, 2010 at 3:50 am

    terimakasih banyak om….

  2. June 18, 2010 at 3:55 am

    Teras Info :

    terimakasih banyak om….

    Sama2x🙂

  3. dianfuraidah
    July 30, 2010 at 2:05 pm

    Mas, saya kehilangan akal ni untuk menampilkan grafik di vb. Saya pakai komponen Gigasoft,.. Saya ingin menampilkan grafik garis, terdiri dari 4 garis. 3 garis sebagai indikator alias fix, dan satu lagi bertambah sesuai daa terbaru. Bisa tolong saya gak mas?? Tolon bls ke email saya. ade_furaidah@yahoo.co.id. Terima kasih

    • July 31, 2010 at 2:12 am

      dianfuraidah :

      Mas, saya kehilangan akal ni untuk menampilkan grafik di vb

      Kehilangan akal ? Enak donk enggak perlu sholat lagi ?😀

      dianfuraidah :
      Saya pakai komponen Gigasoft,.. Saya ingin menampilkan grafik garis, terdiri dari 4 garis. 3 garis sebagai indikator alias fix, dan satu lagi bertambah sesuai daa terbaru. Bisa tolong saya gak mas?? Tolon bls ke email saya. ade_furaidah@yahoo.co.id. Terima kasih

      Kebetulan sy belum pernah coba membuat grafik dari komponen GigaSoft tapi klo pake komponen grafik yg di bahas di artikel ini kayaxnya enggak terlalu susah.

      Sy cuma butuh tampilan grafiknya seperti apa

  4. Sri Purwanti B1
    October 16, 2010 at 4:51 am

    componentnya ga bisa di download….

    katanya linknya rusak…

    mohon link untuk komponentnya lagi
    terima kasih…

    • October 18, 2010 at 1:45 am

      Udah bisa mba silahkan dicoba lagi.

  5. December 4, 2010 at 3:51 am

    Makasin kontenya telam meantu saya mebuat program grafik chart

    • December 4, 2010 at 4:06 am

      Oke om sama2x

  6. aan87
    February 22, 2011 at 5:49 am

    om, komponennya itu free atau share atau *****ed😀

    • February 23, 2011 at 7:56 am

      sh*rew*re om😀

  7. Hardy
    September 14, 2011 at 12:00 pm

    Om.. mau tanya…
    di source code yg kepunyaan om di atas kan gini :
    Dim arrJurusan(3) As String ‘ex. jumlah jurusan ada 4

    Private Sub initJurusan()
    arrJurusan(0) = “D3-MI”
    arrJurusan(1) = “D3-TI”
    arrJurusan(2) = “S1-SI”
    arrJurusan(3) = “S1-TI”
    End Sub

    itu didefinisikan di kode program.. nah kalo misalkan saya ingin kan data tersebut, dari hasil query dari :
    SELECT t_detail_jual.kode_voucher,t_pulsa.nominal,t_pulsa.jenis,
    SUM(t_detail_jual.qty) AS jumlah FROM t_detail_jual,t_pulsa WHERE t_detail_jual.kode_voucher=t_pulsa.kode GROUP BY t_detail_jual.kode_voucher ORDER BY jumlah desc LIMIT 10

    jadi data jurusan tersebut saya ganti dengan data kode voucher dari hasil query di atas…
    bagaimana cara buat grafik nya om..
    tolongin ya om.. mentok …..
    apa dengan pengulangan ato apa lah dan lain sebagainya.
    terima kasih om sebelumnya.

  8. Hardy
    September 14, 2011 at 12:48 pm

    oya om saya juga udah PM di I-bego buat om…
    klo gmbr ini om
    http://www.ziddu.com/gallery/16384467/UploadvoucherTerlaris.jpg.html

    klo yg kepunyaan om di atas
    http://www.ziddu.com/download/16384466/Upload.jpg.html

    • September 15, 2011 at 1:53 am

      Diemailkan aja om struktur tabel t_jual,t_detail_jual,t_pulsa dan sample datanya biar gampang sy bantu testnya

  9. Hardy
    September 17, 2011 at 11:59 am

    oke om besok saya attach ke om

    • September 19, 2011 at 8:36 am

      Oke om

  10. October 31, 2011 at 1:11 pm

    Om… Link download komponen ini Gratis, atau………:D

    • October 31, 2011 at 1:15 pm

      Klo link downloadnya gratis om😛

  11. aku
    January 11, 2012 at 12:55 pm

    Om, bisa gak dipake untuk buat grafik semacam Gantt Chart sederhana?
    Terima kasih

  12. April 2, 2012 at 6:04 pm

    Minta Komponen Grafik yang di atas dong…. saya kepingin nyoba. kok kosong yah ga bisa di download.?

    • April 3, 2012 at 11:41 am

      Iya nih akun 4shared sy lagi bermasalah, kayaxnya baru mau pindah2x link downloadnya

  13. July 6, 2012 at 7:12 pm

    pak Admin, mohon bantuannya boleh minta component diatas, saya sangat perlu email: wiradisastra_06@yahoo.com, … terima kasih

    • July 7, 2012 at 12:51 pm

      Download dulu om samplenya, trus disitu nanti ada informasi di mana download komponennya.

  14. fan
    January 30, 2013 at 10:47 pm

    izin sedot om

  15. KaitoKid
    May 29, 2013 at 2:08 am

    om, klw mw nampilin datanya dari textbox dalam bentuk grafik garis caranya sama kayak yg di atas ga???

  16. June 18, 2013 at 2:11 am

    gan linknya broken filenya gada , re-upload dong sourcenya hehe

  17. Paulinus P Dwi Yulianto
    October 3, 2013 at 11:58 am

    Link 4shared nya udah di hapus ya Om? Jadi ga bisa download cth komponennya.

    • October 7, 2013 at 8:45 am

      Iya tuh 4sharednya yg kurang kerjaan, mau ngupload ulang jadi males

  18. Rudi
    November 13, 2013 at 10:34 am

    mas, saya punya kasus tentang cara menampilkan grafik di vb sementara data grafik yang nanti mau saya tampilkan berada di mssql 2000. bisa gak ya mas kira2 saya tampilkan grafiknya melaluli vb 6.0. mohon bantuannya y mas…. saya sudah bingung banget mas…. tolong y mas..
    email : rudi_alfian@rocketmail.com.

  19. eka
    February 18, 2014 at 5:35 pm

    link untuk download componentnya bermasalah

  20. April 5, 2014 at 7:14 pm

    link download component nya dead gan. boleh minta di kirim ke mimbar.muse@gmail.com😀
    nanti saya upload ke dropbox😀

  21. April 14, 2014 at 11:40 am

    gan link downloadnya gag bisa ya
    ane mintak donk
    kirim ke email ane aja

    kozinul@gmail.com

  22. ivay
    April 25, 2014 at 2:08 pm

    om tolong kirimin ke ane dong, lg butuh banget nih

    • April 26, 2014 at 9:31 am

      Coba kesini om.

  23. ivay
    April 25, 2014 at 2:09 pm

    ke sini om, ivay91@gmail.com

  1. April 16, 2014 at 9:13 am
Comments are closed.
