Home > Firebird > Menembus pertahanan database Firebird yang diproteksi bagian 2

Menembus pertahanan database Firebird yang diproteksi bagian 2

June 25, 2013

Postingan saya kali ini merupakan jawaban untuk om guys yang sudah berhasil Menembus pertahanan database Firebird yang diproteksi tetapi masih ada sedikit masalah yang perlu diselesaikan.

Biar lebih lengkap saya tulis ulang saja pertanyaannya.

thx beart om admin buat tutor singkatnya, sangat bermanfaat.
ada sedikit masalah, setelah kita “bongkar” db zahir-nya ternyata ga bisa di pake lagi di aplikasi Zahirnya ya. Harus kita balikin lagi setting FB-nya ke default/original (khususnya user ZAHIRDBA).
ada work-around-nya untuk masalah ini om admin?

Jadi langkah-langkah berikut ini akan menghapus role “SYSDBA” sehingga kita bisa login lagi menggunakan user default Firebird yaitu SYSDBA.

Berikut langkah-langkahnya :

1. Sudah berhasil menembus pertahanan database Firebird yang diproteksi

2. Login menggunakan user ZAHIRDBA

25062013-1

3. Hapus role SYSDBA menggunakan perintah

DELETE FROM rdb$roles
WHERE rdb$role_name = 'SYSDBA' AND rdb$owner_name = 'ZAHIRDBA'

25062013-2

sampai tahap ini kita sudah bisa menggunakan user sysdba lagi

4. Login ulang menggunakan user SYSDBA

25062013-3

5. Hapus user ZAHIRDBA dari menu Tools -> User Manager

25062013-4

6. Selesai🙂

25062013-5

Selamat mencoba🙂

Categories: Firebird Tags: , , ,
  1. agus salim
    August 10, 2013 at 10:30 am

    Wah mantep pak, pak bisa di kupas dong cara replikasi database firebird, maksudnya buat antar cabang, kalau di mysql denger-denger manfaating general-log, nah kalau di firebird saya belom tau gimana caranya …. ayo dong pak di bahas ya cara REPLIKASI dengan FIREBIRD

    • August 10, 2013 at 8:41 pm

      Firebird tidak menyediakan tool bawaan untuk melakukan replikasi, jadi solusinya menggunakan tool pihak ketiga.

      • agus salim
        August 11, 2013 at 8:13 am

        oo gitu ya pak, bisa di bahas gak pak salah satu tools yang bagus, terus step-stepnya gimana buat replikasi ..

      • August 15, 2013 at 4:30 pm

        mas e, saya punya proyek pembuatan database anak yatim,, apa bisa minta tolong njenengan,, saya dari mahad di surabaya

        • August 18, 2013 at 5:17 am

          Afwan akh skrg lagi ada kerjaan nih, emg modul yg mau dibuat apa aja ?

          • Awaluddin
            August 18, 2013 at 6:48 pm

            begini mas kami ingin membuat biodata saja, jadi kami mempunyai program untuk santunan anak yatim,, santunan tersebut berjangka antara 1-2 tahun,, diberikan setiap bulan, kami juga memberikan kegiatan rutin untuk mereka berupa program keagamaan spt TPA dan praktek ibadah,,, namun kami mengalami kesulitan saat pelaporan kepada donatur,, nah rencananya kami ingin membuat biodata tiap anak dilengkapi dengan keterangan tiap bulan nya,, sebenarnya sangat simpel mas,, tapi karena keterbatasan kemampuan saya jadi sangat berat bagi saya,,, mungkin panjenengan bisa memberi masukan atau bantuan,, terimakasih

  2. August 19, 2013 at 1:01 pm

    Emg bantuan seperti apa yg dibutuhkan ? Rancangan database ? Coding atau lainnya ?

  3. james
    October 15, 2013 at 10:49 pm

    mas saya mau tanya,kira-kira bisa tidak ya mengakses database firebird dari jaringan yang berbeda

    Contohnya :

    Server berada di kantor saya
    sedangkan saya berada di rumah

    bisa tidak saya klo saya mengakses ya dari rumah saya

    Terima kasih

    • October 19, 2013 at 9:43 am

      Server kantor om sudah punya IP public ? Klo belum om bisa mencoba menggunakan hamachi

  4. December 13, 2013 at 8:37 am

    Bismillaah..

    kak, bisa bantuin hapus fb dan twitter yg lupa passwordnya gak? butuh bantuan nih

  1. No trackbacks yet.
Comments are closed.
