Archive

Archive for the ‘Firebird’ Category

Menembus pertahanan database Firebird yang diproteksi bagian 2

June 25, 2013 10 comments

Postingan saya kali ini merupakan jawaban untuk om guys yang sudah berhasil Menembus pertahanan database Firebird yang diproteksi tetapi masih ada sedikit masalah yang perlu diselesaikan.

Biar lebih lengkap saya tulis ulang saja pertanyaannya.

thx beart om admin buat tutor singkatnya, sangat bermanfaat.
ada sedikit masalah, setelah kita “bongkar” db zahir-nya ternyata ga bisa di pake lagi di aplikasi Zahirnya ya. Harus kita balikin lagi setting FB-nya ke default/original (khususnya user ZAHIRDBA).
ada work-around-nya untuk masalah ini om admin?

Read more…

Categories: Firebird Tags: , , ,

Database Firebird versi Embedded

January 9, 2013 35 comments

Horeee akhirnya bisa nulis lagi dan ini postingan pertama saya di awal tahun 2013 :)

Beberapa waktu yang lalu saya sering menggunakan database Ms Access untuk pembuatan aplikasi standalone tetapi mengingat beberapa kekurangan yang dimiliki oleh database Ms Access seperti pembengkakan ukuran database yang sangat “mengerikan” :D dan terkadang terjadi kerusakan database sehingga memaksa saya untuk mencari alternatif lain yang bisa menggantikan database Ms Access.

Read more…

The Power of Firebird Events

July 23, 2012 29 comments

Intro

Judul postingan kali ini sy ambil dari dokumentasi resmi website Firebird dengan sub dokumen White Papers & Presentations.

Sudah lama sy mengetahui adanya fitur keren ini, hanya saja karna waktu itu masih aktif coding menggunakan VB 6 jadi sy kurang tertarik untuk mencobanya (habis mau gimana lagi vb6 memang belum mendukung fitur ini kok :D) CMIIW.

Read more…

Berlindung di belakang SYSDBA :D

May 19, 2012 27 comments

Beberapa waktu yang lalu sy pernah menulis bagaimana cara Menembus pertahanan database Firebird yang diproteksi menggunakan SYSDBA sebagai tamengnya :D, nah biar imbang sekarang kita akan bahas bagaimana langkah-langkah pembuatannya.

Tool yang digunakan juga masih sama yaitu IBExpert personal edition (free), oke langsung saja kita mulai :).

Read more…

SELECT SCOPE_IDENTITY(), SELECT LAST_INSERT_ID() dan RETURNING PK

February 27, 2011 27 comments

Yuph kali ini kita akan membahas fungsi menarik (SELECT SCOPE_IDENTITY(), SELECT LAST_INSERT_ID() dan RETURNING PK) yang dimiliki oleh database2x terkenal seperti SQL Server, MySQL dan Firebird.

Dari nama fungsinya kita bisa menebak kegunaan dari fungsi diatas yaitu untuk mendapatkan nilai ID terakhir (biasanya bertipe angka) yang diinputkan.

Saya dan mungkin Anda biasanya dalam merancang tabel untuk selalu menambahkan field ID dengan attribut IDENTITY/AUTONUMBER dan sekaligus dijadikan sebagai PRIMARY KEY.

Tentunya hal ini kita lakukan untuk mempermudah dalam proses manipulasi data (edit dan delete).

Contoh beberapa tabel yang biasanya menggunakan field ID untuk PRIMARY KEY dan sekaligus diset dengan attribut IDENTITY/AUTONUMBER

Read more…

Menembus pertahanan database Firebird yang diproteksi

January 3, 2011 111 comments

Sebelumnya saya mohon maaf jika ada pihak yang tidak berkenan atau merasa dirugikan dengan postingan kali ini, dan jika memang ada silahkan menghubungi Admin dan postingan ini akan dihapus.

Salah seorang pengunjung bertanya “bagaimana cara mengekspor data-data yang ada di database Zahir Accounting ke Ms Excel“.

Untuk bisa mengekspornya tentu saja kita harus tau dulu isi databasenya seperti apa terutama tabelnya, nah untuk demo Zahir Accounting sendiri bisa di download disini.

Read more…

Backup dan Restore Database Firebird

December 9, 2010 51 comments

Dalam pembuatan aplikasi biasanya kita (terutama saya :D) selalu menyepelekan fitur yang satu ini, biasanya klo ditanya tentang fitur yang satu ini jawaban kita lebih kurang “udah copas aja databasenya trus dicompress, gampangkan” :D.

Tapi.. akhirnya saya kena batunya juga :D, beberapa waktu lalu saya dapat klien yang ngotot banget untuk dibuatkan fitur ini dan untungnya firebird sudah menyediakan tool untuk menghandle masalah ini yaitu dengan menggunakan tool gbak.

Pada artikel pertama ini kita akan bahas dulu penggunaan tool ini via command prompt, dan pada artikel berikutnya (insya Allah klo saya sempat :D) kita akan bahas penggunaannya langsung dari aplikasi.

Read more…

Categories: Firebird Tags: , , , , ,